6 Wisata Kali di Timika

Timika, kota yang di kelilingi hutan dataran rendah, tetapi cukup sulit mencari objek wisata alam. Untuk mengisi waktu di akhir pekan, orang-orang kebanyakan ya nongkrong di dekat bandara sambil makan jagung bakar atau berolahraga sepeda dan jogging, jalan-jalan ke Pelabuhan Pomako sekalian beli ikan atau ke Kuala Kencana menikmati suasananya yang asri dan tenang.

Angin segar mulai datang sejak dibukanya jalan trans Timika-Nabire. Entah jalan trans itu sudah tembus di Nabire apa tidak yang jelas dengan dibukanya jalan tersebut maka ditemukanlah objek wisata baru yaitu Kali/sungai. Sungainya berukuran besar dengan air yang jernih di tambah pemandangan yang indah disekelilingnya. Lumayanlah untuk menjadi tempat rekreasi bersama keluarga ataupun teman. Sayangnya, tidak ada transportasi umum menuju kali-kali tersebut sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya cukup jauh dari kota Timika, sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Apabila ada sungai baru yang ditemukan dan tempatnya bagus maka dijamin saat weekend tempat itu akan dipenuhi pengunjung.

Saya bersama teman-teman kantor pun tidak mau ketinggalan, saat weekend kami akan memanfaatkannya dengan mengunjungi kali-kali yang lagi naik daun. Beberapa diantaranya yang sudah pernah saya kunjungi : 

1.  Kali Pindah-Pindah


     Kali ini terletak di Jalan Trans Timika - Nabire, sekitar 1 jam dari Kota Timika. Dinamakan kali pindah-pindah karena katanya aliran airnya yang sering berpindah. Kadang alirannya dikanan, kalau bosan dia pindah ke kira, lalu di tengah, suka-suka dialah. Saat berkunjung kesana kami sangat beruntung karena cuaca cerah sehingga deretan pegunungan Sudirman bisa terlihat jelas. Yang unik dari sungai ini, di pinggir sungai ditumbuhi pohon cemara yang membuat sungai ini semakin indah dan enak dipandang.

     Airnya sangat jernih dan dingin. Dipinggir sungai terdapat banyak batuan besar untuk duduk-duduk santai sambil rendam-rendam kaki dan menikmati keindahannya. Kata teman saya berada disini berasa seperti di Kanada (macam pernah ke Kanada). Yaa anggaplah seperti itu.


2.     Kali NN


Saya tidak tahu nama kali ini, jadi sebut saja dia kali NN. Letaknya tidak jauh dari kali Pindah-pindah mungkin sekitar 500 m (jauh ya itu?hehe). Kalau di kali Pindah-pindah pengunjungnya banyak atau airnya keruh karena hujan, maka kita bisa beralih ketempat ini. Kita bisa menggelar tikar dibawah jembatan, menikmati bekal yang dibawah dari rumah dan berenang di aliran air di bawah jembatan. Jadi tidak perlu takut tepapar sinar matahari atau terkena hujan karena ada jembatan yang melindungi kita.

 
    Walaupun pemandangannya tidak secantik di kali Pindah-pindah, tetapi air di kali ini juga cukup jernih. Aliran airnya cukup deras jadi kalau berenang harus berhati-hati jangan sampai terbawa arus.

3.     Kali PT.PAL 3


   
      Saya tidak tahu nama kalinya apa, tapi karena letaknya di kawasan konsesi PT.PAL maka kita menamainya Kali PT.PAL. Kali ini berada di jalur Trans Nabire juga, sekitar 1,5 jam dari Timika. Tidak semua orang bisa masuk ke tempat ini kecuali memiliki kenalan yang kerja di perusahaan. Buat yang suka berenang kali ini sangat bagus untuk mengobati kerinduan berenang. Aliran airnya sangat lambat dan terdapat semacam kolam yang dalamnya mencapai 2-3 m. Ada banyak ikan air tawarnya juga jadi kalau kesini bisa sekalian mancing atau menembak ikan atau sekalian bawa jaring biar dapat ikan banyak.

4.     Kali Kiura


Photo by Wahyuddin
Dari semua kali yang ada di sepanjang trans Nabire, kali ini yang paling bagus, paling banyak pengunjungnya, paling jauh, dan paling lainnya, sekitar 2 jam perjalanan dari kota Timika. Apa yang di dapat setiba disana sebandinglah dengan perjuangannya. Yang unik adalah bebatuan di kali ini berwarna-warni umumnya merah dan hijau, ditambah air yang jernih maka semakin mempercantik kali ini.
Photo by Ahmad Taufik
Di kiri kanan sungai terdapat bebatuan besar semacam tebing batu, suasananya sangat sejuk dan menenangkan. Kalinya tidak dalam tetapi aliran airnya sangat deras jadi bisanya mandi dibagian pinggir.

5.     Kali Iwaka

 
     Kali ini letaknya di daerah Kuala Kencana, masih masuk dalam wilayah PT. Freeport,  sekitar 30 menit dari kota Timika. Sungainya tidak terlalu besar dan airnya sangat jernih. Terdapat spot yang cukup dalam dengan pohon tumbang di atasnya jadi kita dapat melompat dari batang pohon ke kali. 

6.     Kali NN (2)



Kali ini juga saya tidak tahu namanya, letaknya di belakang bandara baru Timika, tepat disamping pagar bandara. Kalau mandi disini lalu ada pesawat yang landing atau take off mungkin yang dipesawat bisa lihat kita (untungnya bandara ini belum difungsikan). Airnya tidak terlalu jernih, aliran airnya cukup deras dan lumayan dalam. Terdapat kayu yang melintang di tengah sungai yang bisa dijadikan tumpuan untuk melompat ke air.


Komentar

  1. Keren sekali Timika ya, kaka. Rasa ingin berkunjung seketika ke sana he.
    Keep writing 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia lah, sekeren dirimu. Kesini mi ko, diajak ko pergi mandi di kali. Pasti tidak pernah pi ko mandi di kali to?

      Hapus
  2. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Arah ke kuala kencana kak. kalau dpt bundaran belok kiri. tp saya lupa lg belok2nya setelah itu tp tdk jauh ke dlm.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer